Yuk..Kenalkan Si Kecil Arti "Hari Kartini dan Emansipasi Wanita"

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

....dst...

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia


Siapa tak kenal lagu tersebut?
Lagu yang memang didedikasikan untuk "Kartini" sebagai pahlawan wanita.


Kartini-kartini HEBAT

Hari ini tepat tgl 21 April 2012, dimana kita memperingati hari

"Kartini". Tanpa Kartini, mungkin saya sebagai wanita masih belum bebas meraih cita-cita merengkuh mimipi. Kartini sering diidentikkan dengan  emansipasi wanita, ada yang menyikapiya dengan bijak dan mungkin ada yang kebablasan.

Tulisan tentang "apa dan bagaimana" emansipasi wanita sudah banyak. Saat ini saya ingin berbagi bagaimana mengajarkan si kecil arti hari kartini dan tentunya dengan embel-embelnya "emansipasi wanita".

Pagi tadi saya coba tanya ke "kakak" yang baru TK A,  "Kak..hari ini hari apa?" si kakak dengan spontan menjawab..
"Iiiih mama, masak gak tahu sih..sekarang kan hari Sabtu."
"O iya..ya.., nah sekarang kan tgl 21 April, tahu ngak diperingati sebaggi hari apa?"
Kakak menjawab, "Nggak.."
"Hari ini hari Kartini kak, tahu ngak Kartini itu siapa?"
si kakak menjawab..."Pahlawan wanita Nasional"... dst percakapan  dilanjut tentang bagaimana sepak terjang Kartini dan diakhiri dengan menyanyi bersama lagu "Ibu Kita Kartini" dan "Indonesia Raya".. (lho..kok...ada Indonesia Raya segala, pokoknya suasana berubah menjadi penuh semangat tuh..)
Pointnya siapa yang akan memberitahu si kecil akan pahlawan kita kalau bukan dari rumah.

Berikut beberapa tips untuk memperkenalkan si kecil akan arti  "Hari Kartin dan Emansipasi Wanita".


  • Dimulai dengan cerita tentang siapa "Kartini", bisa dikemas sebagai salah satu dongeng menjelang tidur atau cerita di saat-saat santai.

  • Lakukan dengan penuh keceriaan dan si kecil pasti akan menyukainya diselingi dengan hikmahnya.

  • Bisa juga ceritakan tentang pengalaman kita sebagai orang tua dalam memperingati hari Kartini (misal kalo jam dulu, pada saat hari Kartini kita diwajibkan memakai kebaya).

  • Ajak si kecil menghadiri beberapa peringatan hari Kartini.

  • Setelah tahu siapa Kartini, ajarkan apa arti "emansipasi wanita", tentunya dengan bahasa yang sederhana dengan cara memberikan contoh nyata. Misal.. beri contoh ke si kecil akan peran yang berbeda antara "papa" dan "mama" tapi tetap saling membantu dan melengkapi. Meski tentunya si kecil belum tahu perrsis "apa itu emansipasi" tapi diharap dengan contoh-contoh nyata dan adanya peran-pera yang berbeda antara wanita dan lelaki. Kelak si kecil bisa menyikapinya "emansipasi" dengan bijaksana.

  • Beri contoh nyata ke si kecil akan arti emasipasipasi wanita, misal dengan tetap belajar atau sekolah, tetap berkreasi dan menghasilkan sesuatu yang produktif tapi tetap meghormati suami dan tetap menjadi ibu yang baik bagi anak-anak.

  • Ceritakan tentang kisah-kisah wanita dunia dan Indonesia seperti Mother Theresia, Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Ibu Habibi, dll. Sehingga si kecil bisa terisnpirasi dari sepak terjang mereka.

  • Ajari si kecil lagu Kartini sehingga si kecil bisa lebih mengenal dan kata Kartini terekan di benaknya.

Dengan memperkenalkan si kecil akan siapa "Kartini" dan arti emansipasi wanita (terutama buat anak perempuan), berharap si kecil akan lebih memahaminya dan kelak dapat menyikapi arti emansipasi dengan bijaksana.

Selamat Hari Kartini

Salam,
BY



Post article here ...
Dunia Aretha
Share
Related Stories Widget by LinkWithin