Sugesti Positif Untuk Alam Bawah Sadar Si Kecil

Hi Moms...gimana kabar si Kecil hari ini..?? Pasti seru ya tiap hari menemani aktivitasnya dan tentunya seringkali kita surprise melihat kecerdasan si Kecil bertambah dengan sesuatu yang baru. Tumbuh kembang anak tentunya harus diimbangi dengan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan yang optimal. Seringkali Ayah Bunda mengeluh tentang si Kecil yang susah sekali makan. Pemilihan menu yang bervariasi merupakan salah satu tips untuk membuat si Kecil ketagihan dengan masakan sang Bunda. Lama-lama sang Bunda bakalan jadi Master Chef lho buat si Kecil..:) Selain itu, suasana yang mendukung juga bisa dijadikan salah satu kunci positif agar si Kecil makan dengan lahap. Makan bersama keluarga, bareng sama teman-teman atau sambil bermain di taman bisa jadi pilihan untuk membngkitkan mood si Kecil dalam prosesi makannya. Tapi kadang meski usaha-usaha tersebut sudah dilakukan, masih ada saja keluhan tentang si Kecil yang susah makan. Kira-kira ada alternatif laiinya nggak ya..?? 
Nah, Mama Aretha coba ulas mengenai metode lain untuk mensugesti si Kecil secara psikologis, yaitu dengan terapi alam bawah sadar atau hipnosis.
Metode hipnosis bisa dilakukan secara sederhana oleh setiap orang tua. Kalimat sugesti positif seperti: "Mulai sekarang adik (sebut namanya) doyan segala jenis makanan yang menyehatkan..." dapat diberikan saat anak sudah tidur. Saat si Kecil sedang dalam fase trance antara tidur sampai nyenyak (deep sleep).

Dengan demikian, orangtua tidak perlu khusus belajar menghipnosis atau ikut kursus berjam-jam untuk memberi sugesti pada anaknya. Sugesti-sugesti itu biasanya diberikan secara berulang, misalnya sebanyak tiga kali. Berikan dengan bahasa yang jelas, kalimat positif, seperti sudah terjadi, dan dengan sentuhan emosional.

Bahasa yang jelas maksudnya spesifik dan sesuai keinginan. Contohnya, orangtua ingin anak mau makan sayur, katakan saja demikian. Sementara yang dimaksud dengan kalimat positif adalah sama sekali tidak ada kata "TIDAK" atau "JANGAN". Hindari katakan TIDAK LUPA, tapi gantilah dengan kata INGAT.

Selanjutnya sugesti juga harus diberikan seolah-olah sudah terjadi. Kata "akan" atau "besok" sebaiknya tidak digunakan. Kata besok, saat Anda mengucap sugesti yang sama, otak akan merespons bahwa itu masih besok kejadiannya. Artinya, tidak bakal terjadi. Tekanan-tekanan irama yang fungsinya memperkuat secara emosi juga perlu diberikan.

Berikut langkah-langkah hipnosis yang layak Anda coba :
1. Saat anak tidur nyenyak, goyangkan kepala anak dari kiri dan kanan perlahan saja. Jangan sampai anak terbangun.

2. Setelah anak bereaksi dengan mengerjap-ngerjapkan matanya, elus sedikit dahinya dan bisikkan kalimat sugesti yang ingin Anda masukkan. Kalimat disusun dalam bentuk sederhana dan dimengerti anak. Ingat, gunakan kata-kata positif.

3. Jika anak bereaksi dengan memberikan anggukan, berarti sugesti Anda sudah masuk dan instruksi dimengerti anak.

4. Jika tak ada reaksi, ulangi esok harinya. Paling tidak dalam dua tiga kali percobaan, salah satunya akan diterima pikiran bawah sadar anak.

Semua hal yang kita lakukan tentunya merupakan sebuah usaha yang positif, coba lakukan dengan sabar dan sentuhan emosional. Masukkan juga harapan dan doa kita untuk masa depan buah hati kita. Sikap positif dari Ayah dan Bunda tentunya akan menjadi panutan dan suri tauladan buat si Kecil.

Ok Mom..! Siap mengantarkan si Kecil terbuai jauh ke dalam alam mimpinya..?? Jadikan mimpi-mimpi indah si Kecil menjadi kenyataan yang bisa diraihnya kelak dewasa nanti..^_^





Telah dibaca :

Good Counter


Share
Related Stories Widget by LinkWithin