Cara Mudah Mengatasi Anak Sulit Makan



Bermula dari banyaknya pertanyaan yang sama dan mirip di fan page "Dunia Aretha" seputar masalah anak sulit makan atau minum susu. Rasanya jari ini sudah sedikit lelah untuk mengetik hal yang sama. Dan untuk efisiensi akhirnya saya coba rangkum berbagai pertanyaan dan jawabannya disini.

Memang masalah "Anak susah makan atau minum susu" merupakan hal klise dan banyak orang mengalami, termasuk saya sendiri dengan dua anak yang tentunya masing-masing punya karakter berbeda dan unik. Meskipun masalah yang biasa, namun perlu ditangani serius karena makan memiliki tiga fungsi yang baik, yaitu pemenuhan kebutuhan gizi dan energi, edukasi dan entertainment.

Masing-masing anak perlu pendekatan berbeda tapi konsepnya sama, dan terbukti si adik yang awalnya sama sekali tidak mau minum susu formula (sampai 2 th lebih masih tetap ASI, padahal saya sendiri bekerja sehingga secara gizi perlu tambahan makanan / minuman yang lain) sekarang dengan lahap meminumnya bahkan memintanya, begitupun juga nafsu makannya menjadi lebih bagus. Sedangkan si kakak, meski nafsu makan tidak sebagus sang adik, tapi mengalami perkembangan yang signifikan.
Salah satu teknik andalan saya adalah menggunakan sugesti alam bawah sadar pada saat menjelang tidur, atau ada yang bilang Hypnosleep (biasanya dipelajari di Hypnoparenthing)

Berikut saya coba rangkum beberapa pertanyaan dan jawaban di page Dunia Aretha:


Mang Srie Adiez (May 26 at 2:53pm)
Bun,, baby saia baru 2bln,,tapi susah banget mau mimik asi kalau ga dibujuk digendong ga mau dia netek,,, trus saia udh coba kasi asi lewat dot,,cuman dia ga mau . .kira2 gimana ya bund caranya ngajarin baby pake dot ??biar mau . . .

Dunia Aretha - Jendela Informasi Buah Hati Kita(May 26 at 3:22pm)

Bunda ...saya pun mengalaminya. Coba telaten, dan pada saat mau tidur bunda bisa  mensugesti si kecil untuk minum pake botol, dengan diajak ngobrol sambil nina bobok.
-----
Dhyan Dwi Gmc (May 20 at 7:19pm)
bunda aq mo tanya,umur anakq 1 thn tpi ko mknny susah bgt setiap hr jdi g prnh mkn,susu formula jg g mau,cuma mi2 asi.gmna bunda solusinya??truz blm bisa jln.?


Dunia Aretha - Jendela Informasi Buah Hati Kita


Yg bunda Dyan alami sama persis adiknya Aretha, cara praktis yg saya lakukan adalah menggunakan hypnosleep (sugesti alam bawah sadar ketika si kecil dalam kondisi mau tidur), sambil terus dicoba memberikan susu formula dan makanan lain secara bertahap.
 ------

Dan berikut saya coba rangkum history percakapan di page Dunia Aretha dengan salah satu fan page:

Wizi Zapawi (March 21 at 9:50pm)
asslmu'alaikum bntu sy donk bun,sy pny ank umr 1,5thn ankny lki2.tp bun ank sy tdk mau mkn,mknan jnis appn it,
Dunia Aretha - Jendela Informasi Buah Hati Kita ( March 21 at 11:32pm)
Hmmmmm....saya paham..tentu bunda sangat kuatir ya..?
Apa sudah dicoba dikenalkan berbagai makanan secara bertahap bunda?
Secara bertahap itu artinya sesuai umurnya..pd saat 6 bulan...mulai ddilatih dengan yg halus-halus terlebih dahulu dan kemudian bertahap agak kasar dan seharusnya seusia 1.5 th sudah bisa dikenalkan makanan sama seperti yg ayah bundanya makan
Pada saat menyuapi, coba buat suasana semenyenangkan mungkin bagi anak, misal sambil jalan2 atau bermain.
Dan buat makaanan semenarik mungkin dengan nerbagai alternatif.
Bunda juga bisa menambahkan vitamin yg mengandung LYSINE untuk merangsang nafsu makan.
Bisa jadi pemicu anak bunda...masih tidak mau makan karena terlalu nyaman "nenen".
Coba sedikit demi sedikit kurangi "nenen"nya mulai di saat2 jam sibuknya anak bunda (misal siang hari.. ketika si kecil lebih sering bermain) dan kemudian bertahapa sama total tidak "nenen".
Pada saat meneyetop si kecil dari "nenen"...memang si kecil akan cenderung rewel, bunda tetep bisa tunjukkan ke si kecil kl bunda sayang sama si kecil meski si kecil tidak boleh "nenen". Contohnya..ganti saat2 si kecil nenen deng baca cerita atau memijat si kecil.
Untuk konsultasi gizi, alangkah baik kalo bunda ke dr gizi...jd selain tahu bagaimana menghadapi si kecil juga minta tips2 menyajikan makanan dng menarik. Cobaain ya bund...


Wizi Zapawi (March 21 at 10:19pm)
spy sy tdk kutir lg dgn knds ank sy yg dmn sy jd bingug.tlg bntu sy y bun,trmaksh...!!!

Dunia Aretha - Jendela Informasi Buah Hati Kita (March 21 at 11:38pm )
Nah...paralel dengan cara-cara seperti comment sy seblumnya... Bunda juga bisa mencoba cara unik tapi InsyaAllah kalo dilakukan dengan tekun dan benar cukup efektif y- dng HIPNO SLEEP.

Pada saat si kecil mau tidaur, di saat trance (antara fase sadar ke tertidur lelap) coba bunda bisikkan kata2 sugesti positif seperti ini "Mulai sekarang, dede ..... suka minum susu botol dan suka makan nasi dan sayuran".

        Atau dengan cara ini..
        http://artikel.duniaaretha.com/2011/07/sugesti-positif-untuk-alam-bawah-sadar.html


        Cobain ya bud... Semoga berhasil.

Wizi Zapawi (March 23 at 11:32am)
asslm'laikm bun,bun mau tny nich emgny g ad cra lain y bun slain HIPNO SLEEP.ank sy klu dbskkn kat2 dtlgay mlah bgun.

Dunia Aretha - Jendela Informasi Buah Hati Kita ( March 23 at 6:17pm)
Coba yang tanpa membangunkan bunda..
Sama seperti mau nina bobok dedek saja... Sambil nina bobok diberi sugesti positif. ˆ⌣ˆ
Wizi Zapawi (8 March 23 at 1:41 am)
ap prlu dpks bun klu ngsh mkny?sy smpi bgung bun mghdpi ank sy in,klu g mkn ank sy it msuk agin.tlg sy donk bun.

Dunia Aretha - Jendela Informasi Buah Hati Kita (March 23 at 6:06pm)
Coba..konsultasi ke dr gizi saja bund...
Biasanya mereka punya tips..yg lebih manjur dan mungkin akan dikasih resep.

Dan pastikan anak makan dengan senang hati (memaksa anak makan bukanlah jalan yang tepat bund...bahkan bisa jadi boomerang kelak).

Wizi Zapawi (April 8 at 3:36pm)
siag bund,sy mau ucpkn mksh ni,brkat nasht ibu ank sy skrg mau mkn!bu,ksh sran yg lain y untk ank2 kit.mksh y bu!

Dunia Aretha - Jendela Informasi Buah Hati Kita (April 8 at 4:01pm )

Si :D(y)º°˚ ˚°º Si :D(y)...
Sama2 bunda...itu semua juga berkat bunda yang telaten dan positif thinking serta selalu berusaha.
Apalah artinya sebuah saran kalu tidak ada yg melakukan.. Bukankah begitu? ˆ⌣ˆ

---------------
Ketika membaca postingan ibu Wizi Zapawi di page Dunia Aretha, sungguhlah lega..karena bisa berbagi tips yang sebenarnya sederhana dan semua ibu-ibu pasti bisa melakukannya. Hanya saja memang perlu ketelatenan, sabar dan juga kreatif.
Secara garis besar berikut tips mengatasi anak sulit makan:
  • Pertama siapkan mental ibu terlebih dahulu, bahwa masing-masing anak berbeda dan tidak ada masalah yang tidak terpecahkan. Sesulit apapun masalahnya pasti bisa terselasaikan, jadi siapkan mental dengan wadah super besar kesabaran dan kreatifitas dan tetap "positive thinking."
  • Untuk bayi, kenalkan makanan secara bertahap sesuai umurnya.
  • Buat makanan semenarik mungkin
  • Buat anak senyaman mungkin, kalau perlu diajak sambil bermain atau jalan-jalan.
  • Buat jadwal rutin kapan anak makan besar dan makan ringan, jadwal yang rutin akan memudahkan anak memprediksi apa yang harus dilakukan sehingga membuatnya lebih nyaman.
  • Buat anak-anak yang sulit makan, coba beri vitamin penambah nafsu makan yang mengandung LYSINE.
  • Apabila anak masih sulit makan dan terindikasi kurang gizi, cobalah minta bantuan ahli (dokter atau ahli gizi).
  • Paralel melakukan langkah-langkah di atas, coba beri sugesti anak di saat menjelang tidur menggunakan teknik Hypnosleep. Pada saat fase antara sadar dan lelap, ucapkan kata-kata sugesti positif (bisa sambil disentuh lembut telinganya), seperti : "Adik mulai besok suka makan nasi, sayur dan ikan". Lakukan berulang kali sampai anak tidur dan ulangi besoknya. Teknik ini juga bisa digunakan untuk masalah - masalah anak yang lain, seperti mengurangi kemarahan, dll.
Sesuatu yang sudah tertanam dalam alam bawah sadar akan lebih mudah dilakukan bahkan bisa dilakukan tanpa kita sadari. Jadi ingin anak makannya mudah, beri dia sugesti dan tanamkan ke alam bawah sadarnya bahwa "Dedek menyukai makan apapun, sayuran, buah, ikan, telur dan lainnya".

Selamat mencoba dan semoga berguna.


Salam,
Mama Aretha


Dunia Aretha
Share
Related Stories Widget by LinkWithin