Merayakan Ulang Tahun Si Kecil

Wah...weekend telah tiba lagi nih, Bunda... senangnya bisa ngumpul bareng si kecil dan keluarga semua :) Apalagi hari Selasa bertepatan libur nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, bisa jadi libur panjang 4 hari donk..hari Senin cuti tentunya..^_^. Maulid Nabi merupakan peringatan umat Islam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi juga merupakan ungkapan rasa cinta umat Islam terhadap Beliau. Meski ada pendapat yang berbeda dari para ulama mengenai peringatan ini. Tapi yang penting bisa kita ambil hikmahnya adalah tentang suri tauladan Beliau yang bisa kita ceritakan kepada anak-anak.

Berbicara mengenai peringatan hari lahir tentunya Ayah Bunda tidak akan lupa hari lahir dari anak-anak kita. Terutama Bunda yang sudah mengandung selama 9 bulan lamanya, penuh perjuangan ketika prosesi kelahiran si kecil dan tentunya airmata bahagia ketika mendengar tangisan dan wajah si kecil untuk pertama kalinya.

Esensi dari perayaan hari kelahiran atau kita biasa sebut ulang tahun ini tentu saja bukan merupakan sebuah agenda yang harus diisi dengan perayaan dan hiburan yang berlebihan. Sebagai orang tua tentunya kita ingin memberikan yang terbaik buat buah hati kita, tapi jangan sampai juga kita terjebak kepada hal-hal yang justru memberikan efek yang kurang baik terhadap tumbuh kembang secara psikologis anak-anak kita. Ada beberapa point yang bisa kita ambil dalam rangka perayaan hari lahir si kecil.

- Ungkapan sayang kepada si kecil
Merayakan ulang tahun si kecil merupakan salah satu bentuk ungkapan kasih sayang kita kepada mereka. Hal ini bisa diungkapkan dengan prosesi menyanyikan lagu ulang tahun, tiup lilin, pemotongan kue yang diikuti dengan ciuman sayang buat buah hati Anda.  Meski masih usia 1 tahun dan belum lancar bicara apalagi mengungkapakan isi hatinya, tapi jangan salah, memori si kecil sangat kuat. Momen-momen spesial akan tercatat di ingatan si kecil dan menjadikan hal postif bagi kematangan psikologis mereka.

- Media sosialisasi buat si kecil
Undanglah teman-teman dekat, tetangga atau teman sekolah anak kita. Biarkan si kecil mengungkapkan ekspresinya di hadapan teman-temannya. Dengan menjadi center dari sebuah acara, akan memberikan pelajaran berharga buat buah hati kita mengenai rasa percaya diri, bagaimana berinteraksi dengan teman-temannya. Apalagi jika acara diisi dengan permainan interaktif yang melibatkan banyak anak.

- Mengajarkan untuk berbagi
Dengan mengundang teman-temannya pada perayaan ulang tahun si kecil, akan memberikan makna kepada anak kita bahwa nikmat yang sudah kita dapat dan syukuri ini akan lebih bermanfaat lagi bila kita bisa berbagi dengan teman-teman yang lain. Pilihan merayakan ulang tahun si kecil di panti asuhan misalnya, sangat bagus buat mengajarkan kepada si kecil untuk berbagi.

- Sebagai ungkapan doa
Meskipun berdoa pastinya sudah setiap saat kita lakukan, acara perayaan ulang tahun ini bisa kita isi dengan ucapan syukur dan doa bersama untuk kebaikan si kecil dan seluruh keluarga. Seremonial tiup lilin sambil di dalam hati mengucapkan 'wishing list' merupakan bentuk harfiah yang bisa kita lihat.

Merayakan ulang tahun si kecil dengan berlebihan tentunya wajib kita hindari. Tidak perlu harus seiap tahun kita melakukannya. Pertimbangan budget untuk pelaksanaan juga perlu diperhatikan. Akan lebih mendalam maknanya apabila sesekali acara ulang tahun si kecil dirayakan di panti asuhan dibandingkan di tempat hiburan atau mengundang pertunjukan badut. Mengundang teman si kecil di perayaan ulang tahunnya kadang perlu dicermati juga. Datang ke ulang tahun biasanya disertai dengan memberikan kado ulang tahun. Banyak Bunda yang kadang mengeluhkan banyaknya undangan ulang tahun dari teman si kecil yang saling bergantian. Tentu saja butuh ekxtra budget untuk kado kan..? :D


Sebenarnya sih memang bukan pestanya yang penting, namun bagaimana ia menghargai bahwa dengan bertambahnya usia ia menjadi sosok yang lebih dewasa. Apa pula resolusi dan rencananya ke depan untuk menjadi sosok yang lebih baik. Dan kesalahan apa yang telah dilakukan di masa lalu yang bisa menjadi bahan pembelajaran ke depannya.

Untuk itu sejak kecil memang harus ditanamkan dalam diri anak-anak bahwa ulang tahun itu bukan hanya sekedar makanan dan hal kado atau hadiah semata, namun sebuah renungan dengan bertambahnya usia seseorang, ia semakin dewasa dan harus semakin baik lagi.

So..yang paling penting adalah bukan prosesi perayaannya, tapi makna dibalik hari ulang tahun yang perlu kita tekankan kepada si kecil. Berkumpul seluruh anggota keluarga dan memanjatkan doa bersama mungkin lebih akan bermakna daripada perayaan yang penuh hura-hura dengan makanan berlimpah, musik bersautan dan warna warni balon berterbangan, apalagi diiringi kasak kusuk Bunda yang mesti rela uang belanjanya dipotong buat kado teman si kecilnya.. ^_^




Telah dibaca :
 free web counter Counter Powered by  RedCounter

Share
Related Stories Widget by LinkWithin